Wednesday, May 9, 2007

Asal Perkataan Banjar

Dari manakah asalnya perkataan Banjar? Barangkali rujukan yang baik ialah buku Idwar Saleh, Sekilas Mengenai Daerah Banjar dan Kebudayaan Sungainya Sampai dengan Akhir Abad-19.

Mengikut Idwar Saleh (1986: 10):

Kata Banjar berasal dari kata Banjarmasih. Banjarmasih adalah nama suatu kampung di muara sungai Kuyin, sebuah anak sungai Barito... Di namakan Banjarmasih sebab daerah Banjar ini diperintah Patih Masih...Patih Masih tak lain dari patih yang memerintah orang-orang Melayu. Banjarmasih tak lain daripada kampung Oloh Masih atau kampung Melayu yang terletak antara kampung Oloh Ngaju yang menggunakan bahasa Brangas di sekitar muara sungai Kuyin.

Kota Banjarmasih ini lambat laun berubah menjadi Banjarmasin. Perubahan-perubahan resmi ini diakibatkan oleh catatan resmi Belanda.Dalam tahun 1664 nama Banjarmasih dipakai Belanda, seperti:
Pangeran Suryanata in Banjarmasch (masih)...
Pangeran Ratu in Banjarmasch (masih)...
Prince in Banjarmasch dan sebagainya.

Dalam tahun 1733 kota ini sudah berubah menjadi Bandjermasing dan menjadi Banjarmasin tahun 1845.

Kata banjar lambat laun tidak lagi berarti kampung, tetapi menjadi sebutan untuk menyatakan identitas suatu negeri, bahasa, kerajaan, suku, orang dan sebagainya, yang mula-mula terdapat di daerah ini. Suku Banjar -- asal bermula di hulu aliran sungai Tabalong, di atas Negara Dipa. Ras memperkirakan Tanjung Puri yang terdapat di sekitar Tanjung ini adalah koloni orang Melayu dari zaman awal Sriwijaya. Di daerah ini terjadi perpaduan jenis antara orang-orang Melayu, Suku Maanyan, Lawangan dan Dayak Bukit.

2 comments:

Barimba said...

Asal Perkat. Bjr ? Sumber yang paling kuno: "Pa-nan-pa-shi", Cina 1349, Buku Cense "De Kroniek van Bandjarmsn" hal.1, namun disangsi oleh Cense.
Menurut Rouffaer hal.157 "Pananpahsi", juga tdk terjamin. Menurut Suarez, Early Mapping...dlm peta Eropah yang paling lama: Bandermachri 1609, hal.196. Dlm Negarakrtagama 1365 hanya Baritu dan Tabalung dicatat. Pertama kali oleh orang Eropah disebut 1596 "Bandermachin". Hormat saya Baier.

Andin Salleh said...

Terima kasih kerana melawat blog saya.Jika boleh, saya ingin berhubung dengan anda. Bolehkah anda menghubungi saya di alamat emel berikut: harat1942@yahoo.com ?