Wednesday, January 7, 2009

Surat Tasrin Wijaya (tentang orang Banjar Sumut)

Pada bulan November 1997saya menerima surat daripada Tasrin Wijaya yang beralamat Jalan Muhajir No.100, Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Kota Belawan, 20412 Kodya Medan.

Dia seorang Jawa, tetapi beristeri orang Banjar. Dia bekerja sebagai pegawai sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang import-eksport di Pelabuhan Belawan. Dia juga banyak bergerak dan berperan secara aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, antaranya agaknya dalam Lembaga Kebudayaan Swadiri Indonesia (LAKSWI).

Ayah mertuanya katanya berasal dari Barabai dan telah meninggal dunia.Semasa hidupnya ayah mertuanya adalah seorang guru agama yang terkenal dan mempunyai murid yang ramai dari kalangan orang Banjar di Sumut.

Dalam suratnya yang bertarik 13 November 1997, dia banyak memberi informasi tentang orang Banjar di Sumut. Antaranya:

1. Kebanyakan orang Banjar di Sumut berasal dari Barabai dan Kandangan.
2. Mereka tinggal secara berkelompok di daerah pantai dengn mata pencarian kebanyakannya sebagai petani.
3. Desa atau kecamatan yang banyak terdapat suku Banjar, yang berdekatan dengan Medan Kota Belawan adalah seperti berikut:
a)Kecamatan Karang Gading
b)Desa Telaga Tujuh
c) Desa Paloh Makna
d) Desa Paloh Kurau (Batang Serai)
e) Kecamatan Hamparan Perak ( di setiap desa dan kecamatan tersebut ada kira-kira 75 persen orang suku Banjar).

Di kawasan lain di luar kota Medan (sekitar 35 - 40 km dari Medan), kawasan yang juga banyak orang Banjar ialah:

a) Kecamatan Pantai Cermin
b) Kecamatan Perbaungan ( dalam Kabupaten Deli Serdang).

Surat Tasrin masih saya simpan. Tapi sayang hubungan saya dengannya telah terputus begitu lama. Adakah beliau masih ingat pada saya?

8 comments:

Anonymous said...

mama ulun urang barabai, kada manyangka di malaysia banyak urang barabai, amun handak bagawi di sana kaya apa caranya... kebetulan ulun baiisian forum jua, kaluai ada yang handak umpat di http://bujur.net

Andin Salleh said...

Salam Sdr Shinobi,

Amun handak bagawi di Malaysia, sebaiknya masih secara legal. Mungkin agen penyalur tenaga kerja yang ada di Medan boleh membantu.

Anonymous said...

Semoga Pak Tasrin yang telah mengirimkan surat tersebut terbaca halaman ini, atau mendapatkan informasi dari orang lain tentang halaman ini, sehingga tali silaturahmi pian dengan beliau tersambung lagi. Amiin...

Other Side said...

Nice posting :)and Drop smile 4uu…. Have a weekend and great days :) http://standarpenilaian.blogspot.com/

Fahmi said...

Salam kenal ulun Orang Kandangan,silakan kunjungi http://pahuluan.org wadah perkumpulan blog orang banua

Andin Salleh said...

Salam Pak Fahmi,

Terima kasih kerana sudi singgah di blog ulun.

Ulun banyak keluarga di Barabai dan pernah berkunjung ke sana tahun 2008. Mungkin akan ke Kalsel lagi tahun ini.

Anonymous said...

Ulun ada jua kaluarga mamarina acil samad di deli serdang, tp kd ingat ngaran kampungnya sidin asalnya orang tanah habang (birayang) HST Kalsel

Unknown said...

Salam la Angah Harat;

Ulun ne umpat bajajal banar ai mambaca posting Andika. Inggih kulaan nang bagana di Kampung Paluh Kurau (Batang Sarai) saja urang Barabai ( Alai) barataan nya. Ulun udah 2 kali ka Paluh Kurau (Batang Sarai), awan Lubuk Pakam (parak haja awan Pantai Cermin). Ulun asal Sungai Leman Sakincan Selangor. Nyaman ngah hai amun di Paluh Kurau (Batang Sarai), insyaAllah kabila kontrak ulun di Kuwait, handakkai singgahan di rumah sapupuan di Deli Serdang. Wadi sapat banyak kai di Batang Sarai...